Cara Menghilangkan Enkripsi End to End di WhatsApp

 Mungkin Anda perlu mengetahui betapa hebatnya enkripsi end to end dalam menjaga privasi kita. Anda akan merasa lebih aman saat fitur ini ada di aplikasi chat pribadi.

Cara Menghilangkan Enkripsi End to End di WhatsApp

Namun jika Anda merasa kurang suka dengan fitur ini dan malah ingin mematikannya, tetap ada cara mematikan end to end di WhatsApp. Sebelum itu, mari lebih pahami mengenai end to end di WA.

Apa Itu End to End di WhatsApp?

Ketika Anda memulai pesan baru, ada tulisan, "Pesan dan panggilan terenkripsi secara end to end. Tidak seorang pun di luar chat ini, termasuk WhatsApp dapat membaca atau mendengarkannya.".

Dari situ jelas sekali, apa itu end to end chat dan kegunaannya. End to end chat adalah sebuah fitur yang mengamankan kerahasiaan chat atau panggilan Anda. Tidak akan ada pihak ketiga yang melihat chat tersebut, termasuk WhatsApp.

Keuntungannya, Anda terbebas dari chat disadap, chat dibaca oleh WhatsApp atau pihak-pihak berwenang yang ada sangkut pautnya dengan negara. Begitulah yang mereka sebutkan. Percaya?

Apabila ada pihak luar yang berhasil mengambil data Anda, mereka hanya dapat serangkaian angka dan huruf yang tidak dapat diperoleh informasinya.

Dari informasi ini, sepertinya lebih baik membiarkannya tetap menyala. Namun jika Anda ingin menonaktifkannya, berikut adalah caranya.

Cara Matikan Enkripsi End to End Chat WA

Fitur ini aktif secara otomatis dan tidak bisa dimatikan. Akan tetapi WhatsApp memberikan pilihan untuk mematikan end to end chat untuk back up atau cadangan. Tujuan dari opsi ini adalah memastikan percakapan tidak meninggalkan jejak.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu 'Setelan'.
  2. Pilih 'Chat'.
  3. Buka 'Chat Backup' lalu pilih 'End to End Chat Encrypted Backup'.
  4. Pilih 'Turn Off'.
  5. Masukkan kata sandi.
  6. Konfirmasi dengan klik tombol 'Turn Off'.

Omong-omong soal kata sandi, WhatsApp kalian secara default mensetting cadangan terenkripsi end to end sebagai mati. Jika Anda pernah mengotak-atik dengan mengaktifkannya, Anda akan melewati proses pembuatan kata sandi. Kata sandi itu lah yang harus Anda masukkan saat ingin menonaktifkannya.

Baca juga, Cara membuat teks baca selengkapnya WhatsApp

Pro dan Kontra Enkripsi End to End Chat

Dari penjelasan di atas, tampaknya lebih baik tetap mengaktifkan end to end chat. Tapi agar pertimbangan Anda memperoleh hasil yang memuaskan, tidak berat sebelah, mari coba lihat pro dan kontra dari dua sisi end to end chat.

Ada beberapa kelebihan yang membuat orang-orang lebih memilih mengaktifkan end to end chat:

  • Data kita aman dalam proses kirim dari sumber ke tujuan.
  • Proses enkripsi end-to-end menghabiskan lebih sedikit sumber daya dan waktu dan ukuran file umumnya kecil.
  • Melindungi admin, dikarenakan admin tidak memegang kunci dekripsi untuk mendekripsi data, setiap serangan yang menargetkan administrator akan gagal.
  • Chat tidak akan disadap oleh teman Anda yang modal aplikasi hack murahan.

Sementara itu, ada juga kekurangan dari enkripsi end to end chat. Fitur ini tidak 100% hebat, jika bertanya apakah enkripsi end to end chat bisa diretas, maka jawabannya bisa. Fitur ini hanya mengamankan saluran komunikasi.

Pada kedua ujungnya, pesan harus muncul dalam bentuk plain text. Peretasan di titik akhir selalu menjadi perhatian. Jika kunci pribadi Anda dicuri, komunikasi Anda juga dapat didekripsi di tengah.

Jika Anda orang penting, dan memiliki musuh yang sangat pro di bidangnya, maka hati-hati saja. Anda tidak memiliki tempat aman untuk berkomunikasi secara online. Karena hal ini, mafia-mafia lebih memilih bertemu di suatu lokasi untuk membahas bisnis terlarang mereka daripada chattingan di WhatsApp.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan enkripsi end to end chat:

  • Manajemen kuncinya sulit. Jika salah satu dari kalian kehilangannya, akan sangat mudah membuka isi pesan pribadi kalian.
  • Enkripsi end to end tidak selamanya benar-benar rahasia. Pemerintah, penegak hukum, pengusaha, apakah Anda yakin mereka tidak punya akses ke sana?
  • Tidak ada aman yang mutlak. Enkripsi ini hanya menahan penyerangan dari orang-orang awam yang ingin menguping obrolan.

Dikatakan WhatsApp, end to end memang aman. Tapi banyak yang meragukan. Tapi tenang saja, tidak ada yang mau menguping obrolan Anda jika isinya Anda sedang mengutarakan perasaan ke pujaan hati tapi ditolak. WhatsApp, pemerintah, pengusaha dan penegak hukum tidak mencari informasi semacam itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Free Online Tools

Font tulisan keren untuk Instagram.

Terbaru!

Cara membuat tulisan baca selengkapnya (read more) di WhatsApp, salin dan tempel tanpa aplikasi.

Terbaru!

Pembuat tulisan keren untuk TikTok, salin dan tempel font gratis secara online tanpa aplikasi.

Salin dan tempel font online lengkap: miring, tebal, latin, coret, keren dll.

Baru!

Tool untuk mengubah warna tulisan menjadi biru untuk bio, komentar, caption, status & postingan di media sosial.

Tool copy paste tulisan keren.

Penghasil font aesthetic mewah (copy & paste) alphabet aesthetic.

Editor teks simbol keren (salin dan tempel).

Terbaru!

Pembuat Nama Korea dapat membantu Anda mengetahui nama korea Anda berdasarkan tanggal lahir.