Cara Membuat Polling di WhatsApp Android

 Polling atau jajak pendapat adalah sebuah metode pengumpulan suara dengan cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis juga oleh para responden.

Cara buat polling di WA Android

Akan ada daftar opsi yang bisa dipilih para responden. Mana yang paling mereka sukai dari pilihan itu, maka pilihlah opsi tersebut. Suara tertinggi akan menang.

Fitur ini telah hadir di aplikasi WhatsApp, sebuah fitur polling online yang bisa dijajakan di grup, komunitas atau chat pribadi.

Tentang Fitur Polling WhatsApp

Pada updatenya yang terbaru, WhatsApp memberikan fitur unik dimana kita bisa melakukan polling di grup, chat pribadi atau komunitas. Fitur seperti ini juga ada di sosial media lain, misalnya Instagram, YouTube atau Telegram.

Ia memudahkan kita melihat suara terbanyak dari pilihan yang ada secara lebih sederhana. Sehingga mudah apabila Anda ingin musyawarh secara online, menentukan sesuatu secara online dan menghindari pertarungan sengit karena perbedaan pendapat secara online.

Namun masalahnya, bagaimanakah cara agar pengguna WhatsApp bisa melakukan polling online? Bagaimana cara menggunakan fitur terbaru tersebut?

Cara Buat Polling di WhatsApp Terbaru

Pertama-tama, perbarui aplikasi WhatsApp Anda. Buka Play Store, jika tertulis 'Update', berarti Anda belum unduh versi terbaru. Jika tulisannya 'Buka', berarti tidak perlu memperbarui lagi.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat polling di WA Android:

  1. Buka grup, komunitas atau chat pribadi.
  2. Di bagian kolom teks, ada ikon gambar 'Paper Clip'. Klik ikon itu.
  3. Nanti akan muncul beberapa pilihan seperti audio, galeri, lokasi, kontak, dokumen, dan pilih menu 'Polling'.
  4. Masukkan pertanyaan Anda.
  5. Di bagian pilihan, masukkan pilihan dari pertanyaan tersebut. Anda bisa memasukkan lebih dari 3 pilihan.
  6. Klik 'Kirim'.
  7. Lalu tunggu peserta menentukan pilihannya.

Kita akan melihat daftar suara yang paling banyak jatuh ke opsi apa. Jika ada suara yang imbang, Anda dapat melakukan polling lagi dengan menduelkan dua pilihan yang seimbang.

Peraturan dalam Polling WhatsApp

Peserta hanya boleh memberikan satu suara kepada satu pilihan. Pilihan pertama tidak boleh diubah. Harus tegas. Soalnya kelemahan dari fitur WhatsApp untuk versi sekarang, pengguna dapat memberikan suara pada setiap pilihan atau meng-cancelnya.

Untuk melihat hasil suara dari polling, Anda dapat menekan tombol 'Lihat Suara' pada menu di bawah daftar pilihan polling. Hasil suara memperlihatkan nama kontak secara jelas, jadi polling suara versi sekarang belum bisa dilakukan secara anonim.

Semudah itu melakukan polling dan melihat hasil suara. Fitur ini sangat bermanfaat untuk grup-grup Anda. Tidak begitu berguna untuk chat pribadi, tapi tetap lucu untuk sekadar iseng.

Cara membuat polling di iPhone juga langkahnya tidak jauh berbeda. Paling penting Anda sudah memperbarui WhatsApp supaya fitur ini muncul dan bisa digunakan. Letaknya ada di menu sematkan, atau ikon gambar klip kertas atau paper klip di samping kolom pesan dekat ikon kamera.

Demikian artikel tentang cara buat polling di WA Android, mudah-mudahan bermanfaat. Bagi Anda yang ingin mengubah font WA menjadi keren dan aesthetic, gunakan generator font aesthetic kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Free Online Tools

Font tulisan keren untuk Instagram.

Terbaru!

Cara membuat tulisan baca selengkapnya (read more) di WhatsApp, salin dan tempel tanpa aplikasi.

Terbaru!

Pembuat tulisan keren untuk TikTok, salin dan tempel font gratis secara online tanpa aplikasi.

Salin dan tempel font online lengkap: miring, tebal, latin, coret, keren dll.

Baru!

Tool untuk mengubah warna tulisan menjadi biru untuk bio, komentar, caption, status & postingan di media sosial.

Tool copy paste tulisan keren.

Penghasil font aesthetic mewah (copy & paste) alphabet aesthetic.

Editor teks simbol keren (salin dan tempel).

Terbaru!

Pembuat Nama Korea dapat membantu Anda mengetahui nama korea Anda berdasarkan tanggal lahir.