Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat
Jika kamu mempunyai HP baru dan tidak mau untuk mengganti nomor WhatsApp karena takut riwayat chat hilang beserta kontak whatsappnya, maka kamu dapat menggunakan cara berikut agar chat dan kontak WhatsApp dapat muncul pada aplikasi WhatsApp di HP baru tanpa ganti nomor.

Memindahkan WhatsApp dari HP lama ke HP baru


1. Buka HP lama kamu lalu Hubungkan WhatsApp dengan Google Drive dengan cara masuk ke menu Setelan di WhatsApp > Chat > Cadangan Chat > Login dan Hubungkan akun Google > Izinkan

2. Jika WhatsApp di HP lama sudah terhubung dengan akun google drive, silahkan kamu klik Cadangkan. Secara otomatis semua riwayat chat di WA lama akan tersimpan di Google drive.

3. Kemudian untuk memindahkan nomor kontak WA dari HP lama ke HP baru, kamu dapat menggunakan Aplikasi Super Backup & Restore. Silahkan download dan instal aplikasi tersebut lalu buka dan pilih opsi Contact  > Backup All   


4. Selanjutnya, upload Kontak ke Google Drive. Masih di aplikasi Backup & Restore, silahkan ilih Contacts > Send To Cloud > Pilih file kontak yang telah di backup sebelumnya (file yang ber-ekstensi .vcf) > Send to Google Drive.
Jika diminta permission pilih allow/izinkan.

5. Saatnya HP baru kemudian install WhatsApp dan aplikasi Google Drive. Silahkan kamu Login WhatsApp dan google drive menggunakan akun google yang dipakai sebelumnya.

6. Nah, pada saat kamu masuk ke Whatsapp di HP baru, disitu muncul pilihan untuk restore file dari Google Drive. Pilih restore dan login dengan akun google yang sebelumnya digunakan. Jika diminta permission lagi, kamu klik izinkan. Tunggu proses restore file hingga selesai, mungkin memerlukan waktu beberapa menit

7. Langkah yang terakhir yaitu membuka aplikasi Google Drive, lalu download file kontak yang sudah terbackup. Buka file manager di HP dan cari file kontak yang telah didownload sebelumnya, lalu tekan satu kali untuk memuat kembali kontak ke dalam HP yang baru. Selesai.

Mudah kan caranya untuk memindahkan WA di HP lama ke HP baru? dan sebagai tambahan, kamu juga dapat menggunakan fitur backup chat otomatis di whatsapp. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak.

Cara cadangkan chat otomatis di WhatsApp


Fitur auto backup chat WhatsApp memungkinkan untuk mencadangkan chat WhatsApp secara otomatis dengan waktu yang dapat kamu pilih seperti backup mingguan atau bulanan. Jadi tidak akan ada chat yang terlewatkan atau hilang karena telah ter backup, caranya sebagai berikut:
  • Buka Aplikasi WhatsApp > Setelan > Chat > Cadangkan chat > Cadangkan ke Google Drive > Pilih Mingguan atau Bulanan

Jadi, fungsi dari cadangkan chat WhatsApp yaitu untuk mengantisipasi chat penting di WhatsApp hilang, kemudian kamu akan dapat memunculkan nya kembali dengan mudah.

Nah itulah cara memindahkan WA ke HP baru, cara tersebut lumayan lama ya? Oke baik, kami berikan satu cara lagi yang lebih mudah dan simpel yaitu memindahkan chat di WhatsApp ke HP baru tanpa menggunakan koneksi internet, dengan cara berikut.

Memindahkan WhatsApp ke HP lain dengan nomor yang sama, tanpa koneksi internet

  1. Buka Aplikasi ES File Manager (jika belum punya silahkan download di play store) 
  2. Pastikan sebelumnya kamu sudah mencadangkan chat WhatsApp
  3. Kemudian di aplikasi Es File Manager > Phone Storage > WhatsApp > Database, Cari file yang mirip seperti ini msgstore.db.crypt8, dan selain file itu silahkan kamu pindahkan ke folder lain
  4. Kompres Folder WhatsApp sehingga menjadi format .Zip
  5. Pindahkan atau kirim file yang sudah dikompres menjadi zip ke HP baru
  6. Nah, untuk langkah yang terakhir kamu harus mengaktifkan koneksi internet untuk membuka WhatsApp. Caranya buka WA di HP baru > masukan nomor WhatsApp lama > selesaikan proses konfigurasi tersebut. Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa WhatsApp menemukan berkas yang berisi cadangan chat > klik next
  7. Selesai

Demikianlah cara untuk memindahkan chat WhatsApp beserta nomor kontak WA ke HP baru, mudah-mudahan ini bermanfaat. 

Referensi: teknosentrik.com,labana.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Free Online Tools

Font tulisan keren untuk Instagram.

Terbaru!

Cara membuat tulisan baca selengkapnya (read more) di WhatsApp, salin dan tempel tanpa aplikasi.

Terbaru!

Pembuat tulisan keren untuk TikTok, salin dan tempel font gratis secara online tanpa aplikasi.

Salin dan tempel font online lengkap: miring, tebal, latin, coret, keren dll.

Baru!

Tool untuk mengubah warna tulisan menjadi biru untuk bio, komentar, caption, status & postingan di media sosial.

Tool copy paste tulisan keren.

Penghasil font aesthetic mewah (copy & paste) alphabet aesthetic.

Editor teks simbol keren (salin dan tempel).

Terbaru!

Pembuat Nama Korea dapat membantu Anda mengetahui nama korea Anda berdasarkan tanggal lahir.