Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Terbaru

 Faktanya, kita bisa membatalkan semua jenis pesanan. Entah itu pembayaran COD, produk yang belum dibayar atau yang sudah dibayar. Semua itu bisa dibatalkan, dengan satu syarat, produk belum masuk proses pengiriman.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Terbaru

Kita tidak bisa membatalkan pesanan di TikTok kalau pesanan Anda sudah masuk ke proses pengiriman, jadi segera batalkan sebelum terlambat.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Kita diberikan beberapa alasan saat ingin membatalkan pesanan. Alasan-alasan itu seperti: tidak ada metode pembayaran yang sesuai, salah klik barang, pesanan dibuat secara tidak sengaja, produk tidak dikirim tepat waktu atau alasan lainnya.

Agar bisa membatalkan pesanan, kalian harus punya alasan valid. Gunakan salah satu alasan itu. Tidak masalah jika kenyataannya bukan karena alasan tersebut membatalkan pesanan. Itu hanya formalitas saja. Karena biasanya orang yang batal pesan dikarenakan mereka tidak jadi beli.

Berikut langkah-langkah untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop:

  1. Buka aplikasi 'TikTok'.
  2. Klik 'Pesanan Saya'.
  3. Akan muncul daftar menu serta gambar penjelas status pesanan kita ada di mana. Apakah di posisi 'Belum Bayar', 'Untuk dikirim', 'Dikirim' atau 'Ulasan'.
  4. Jika pesanan sudah ada di posisi 'Dikirim' alias paket sudah dibawa jasa ekspedisi, maka pesan Anda tidak bisa dibatalkan. Tapi jika masih ada di 'Belum dibayar' atau 'Untuk dikirim', Anda masih punya kesempatan membatalkan.
  5. Klik barang yang ingin Anda batalkan pesanannya.
  6. Ketuk 'Batal' yang ada di bagian paling bawah. Jika tidak ada tombol 'Batal', berarti pesanan tidak bisa dibatalkan.  
  7. Pilih alasan kenapa Anda membatalkan pesanan.
  8. Klik 'Kirimkan'.
  9. Setelah ini, Anda tinggal menunggu dana dikembalikan. Biasanya saat dicek, akan muncul informasi 'Pengembalian Dana Sedang Berlangsung'.

Otomatis pesanan sudah dibatalkan. Jika Anda terlanjur bayar, uang akan dikembalikan ke dompet Anda lagi. Misalnya bayar memakai OVO, uang pengembalian akan dikirimkan lagi ke OVO.

Baca juga, Cara mengubah alamat pengiriman di TikTok Shop

Apa Penyebab Pesanan Tidak Bisa dibatalkan?

Kenyataannya memang kita bisa membatalkan semua jenis pesanan di TikTok Shop, tapi tidak semua bisa benar-benar dibatalkan.

Timing-nya harus tepat, timing yang tepat itu bagaimana? Yaitu waktu pembatalan dilakukan sebelum barang dikirim, atau yang notifnya barang sedang dijemput oleh kurir. Ini menjawab pertanyaan di atas, mengenai alasan kenapa pesanan TikTok Shop tidak bisa dibatalkan.

Metode pembayaran juga berperan penting dalam keberhasilan langkah ini. Hati-hati jika menggunakan COD, karena di sini Anda butuh peran penjual dalam menyetujui apakah pesan bisa dibatalkan atau tidak. 

Apabila pesanan belum dikirim, lalu Anda batalkan, tapi penjual tidak menyetujui pembatalan itu, bisa saja barang tetap dikirimkan dan Anda harus membayar saat kurir datang.

Anda bisa menolak membayar saat kurir datang, tapi itu terlalu menakutkan setelah melihat orang-orang yang jadi viral karena tidak mau bayar COD.

Pada intinya kalau ingin membatalkan pesanan, lakukan secepat mungkin. Jangan memposisikan penjual dalam keadaan rugi. Bayangkan setelah Anda pesan sepatu, penjual dengan senyum lebar mengemas sepatu Anda, lalu tiba-tiba Anda minta batal. Penjual akan rugi plastik, rugi bubble wrap, dan rugi tenaga.

Bagi kalian yang ingin membatalkan pesanan yang belum dibayar, kalian bisa dengan sengaja tidak melakukan pembayaran lewat waktu 24 jam. Otomatis pesanan akan batal sendiri tanpa ribet.

Demikian artikel tentang cara membatalkan pesanan di TikTok Shop bahasa Indonesia, mudah-mudahan bermanfaat dan semoga berhasil!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Free Online Tools

Font tulisan keren untuk Instagram.

Terbaru!

Cara membuat tulisan baca selengkapnya (read more) di WhatsApp, salin dan tempel tanpa aplikasi.

Terbaru!

Pembuat tulisan keren untuk TikTok, salin dan tempel font gratis secara online tanpa aplikasi.

Salin dan tempel font online lengkap: miring, tebal, latin, coret, keren dll.

Baru!

Tool untuk mengubah warna tulisan menjadi biru untuk bio, komentar, caption, status & postingan di media sosial.

Tool copy paste tulisan keren.

Penghasil font aesthetic mewah (copy & paste) alphabet aesthetic.

Editor teks simbol keren (salin dan tempel).

Terbaru!

Pembuat Nama Korea dapat membantu Anda mengetahui nama korea Anda berdasarkan tanggal lahir.